Selasa, 05 November 2013

Mengenal Istilah Rekening Bersama atau Escrow

Yang selalu di ingatkan oleh layanan jual beli adalah berhati-hati dalam transaksi. Berikut yang perlu dicermati ketika bertransaksi tidak menggunakan COD:

1. Mintalah identitas penjual.

2. Jika berupa toko maka cari informasi dengan menelpon toko tersebut, tanyakan apakah memang toko tersebut yang memasang iklan.

3. Jangan mengirimkan uang (transfer) sebelum anda memastikan penjual.

4. Agar cepat diketahui barang terkirim atau belum pilihlah layanan pengiriman barang yang sudah profesional sehingga anda dapat mengecek nomor resi pengiriman via online

5. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran, tetaplah mengecek identitas penjual

Karena rumitnya transaksi jual beli online yang tidak menggunakan COD maka lahirlah jasa layanan untuk meningkatkan kepercayaan antara penjual dan pembeli yaitu jasa rekening bersama (escrow). Jasa Rekening Bersama yang paling terkenal di dunia adalah paypal dimana jasa ini menghubungkan antara penjual dan pembeli dengan menampung uang dalam layanan tersebut sebelum penjual dan pembeli melakukan kewajibannya. Kewajiban pembeli adalah membayar transaksi dan kewajiban penjual adalah mengirimkan barang kepada pembeli.

Pengertian Escrow

Jadi Escrow (Rekening Bersama)adalah Layanan dari pihak ketiga yang menyediakan sistem atas dua pihak (penjual dan pembeli) agar tercipta kepercayaan antara penjual dan pembeli

Sistem yang terjadi dalam layanan escrow adalah sebagai berikut:

1. Pembeli dan penjual sepakat menggunakan layanan Escrow.

2.Pembeli login ke jasa layanan escrow dan mengirimkan Deposit Escrow kepada Penjual. (biasanya Pengirim Escrow dikenakan biaya sekitar 2% dari jumlah transaksi)

3. Layanan Escrow akan mengirimkan notifikasi kepada Penjual bahwa Pembeli telah mengirimkan Deposit Escrow

4. Setelah menerima notifikasi, Penjual akan mengirimkan barang kepada Pembeli.

5. Pembeli menerima informasi dari Penjual bahwa barang telah dikirim (dengan memberikan bukti no. resi pengiriman), kemudian Pembeli akan mengkonfirmasi Escrow yang telah dikirim sebelumnya.

Layanan Escrow akan mengirim dana tersebut ke akun Penjual

Dengan transaksi ini maka penjual dan pembeli akan merasa aman dalam bertransaksi

1 komentar:

  1. Makasih atas pengertian escrow... Namun jika ternyata batal dlm pelaksanaan penjual tidak jadi di kirim bgmna cara mengambil dana pembeli yg sdh di setorkan ke pihak escrow?

    BalasHapus