Jumat, 08 November 2013

Waspada Uang Palsu Ketika COD

Sungguh malang nasib "Agus" (bukan nama sebenarnya)menjual barang secara online dengan cara COD tetapi bukan uang asli yang didapat malah mendapat uang palsu. Agus sadar merasa tertipu karena ketika ingin membelanjakannya tetapi pedagang pasar menolak dengan mengatakan "Maaf, Pak uangnya diragukan keasliannya. Bisa diganti yang lain." Nah lo maksudnya apa pedagang itu mengatakan Uang diragukan keasliannya? tanya si Agus. Kemudian si Pedagang menjelaskan bahwa dia pernah ikut Sosialisasi Ciri-Ciri Kaslian Uang Rupiah dan dari pengetahuan tersebut pedagang melihat banyak ciri-ciri uang yang tidak sama dengan ciri-ciri uang asli. Namun tidak boleh secara gegabah mengatakan uang tersebut uang palsu karena harus diklarifakasi dulu ke Bank Indonesia terdekat. "Agus" kemudian melihat uangnya kembali ternyata memang ada beberapa keanehan dari uangnya, misalnya uang tersebut halus ketika diraba dan warnanya tidak tegas dan tidak jelas. Akhirnya Agus menuruti saran pedagang pasar untuk meminta klarifikasi ke bank, ternyata benar uang tersebut diklarifikasi sebagai uang palsu. Sungguh malang nasibmu Agus.

Kejadian tersebut memberi pelajaran kepada kita bahwa mengenali Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah juga penting ketika kita melakukan transaksi COD. Jangan terburu-buru melakukan transaksi periksa jumlah uang dan ciri-ciri keasliannya.Untuk yang tidak tahu silahkan download edukasinya dari Bank Indonesia di alamat http://www.bi.go.id/web/id/Sistem+Pembayaran/Edukasi+Sistem+Pembayaran/bukupanduanciriuang.htm

Nah kalo setelah membaca buku panduan tersebut, jika kita sudah tahu kemudian kita teledor (kurang berhati-hati) kita terkena penipuan uang palsu segera lapor ke pihak yang berwajib, kemudian uangnya jangan dibelanjakan tetapi mintalah klarifikasi ke bank terdekat. Hati-hati terjerat tindak pidana uang palsu yang hukumannya sangat berat yaitu 15 tahun penjara.

Ok. Itu saja sekilas info dari jablog jubel, jangan patah semangat teruslah berusaha. Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar